6

bersepeda, antara olahraga, transportasi, dan gaya hidup

Eh Cerita gw Trip ke Eropa gw seling dulu ama postingan gw yang ini ya. Biar ga bosen juga sih maksudnya.

Ok deh, ceritanya gini beberapa hari yang lalu gw beli sepeda baru. Sepedanya penampakannya ya, yang di samping ini. Nantinya sih bakal gw modif2 lg. Ceritanya sih ntar bakal gw tambah2in spion ama lampu, biar keren, mentereng, dan multiguna. Hweheheh.

Nah awal riwayatnya kenapa sih gw beli nih sepeda adalah selama pengalaman gw ke Eropa kemaren tersebutlah dua negara yang masyarakatnya sehari2 sudah sangat akrab dengan yang namanya bersepeda ria. Dan hebatnya lagi di sana mereka udah punya jalur khusus buat pengendara sepeda terus lampu2 lalu lintas dan marka jalan juga udah amat sangat memfasilitasi para pengendara sepeda dan juga pejalan kaki. (Mungkin pemerintah kita harus udah mulai nih ngikutin negara Belanda ama Jerman dalam memfasilitasi penduduknya untuk bersepeda, tul ngga?).

Walhasil selama gw di Belanda dan Jerman kemarin, amat sangat akrab lah gw dengan sepeda. Akhirnya timbullah pemikiran2 untuk membeli sebuah sepeda yang cukup enak untuk diduduki, ringan, awet, dan murah. Akhirnya ketika gw sampai ke kota Bandung tercinta gw laksanakanlah niat gw untuk membeli sepeda. Gw utarakan keinginan gw terhadap si engkoh-engkoh penjual sepedah. “Koh saya mau sepeda yang bisa dipake di dalem kota, enak, ringan, awet, dan murah.” Akhirnya setelah diberi berbagai macam pilihan ada tiga macem yang sesuai ama keinginan gw. Namun pada akhirnya gw mengambil sepeda sebagaimana pada gambar di atas, demi memperhitungkan faktor murah, tapi tetep bagus ceu. Harganya 1,3 juta. Yah cukup mahal sih, tapi untuk kelas sepeda gw yah itu cukup fair lah.

Ada beberapa alasan kenapa sih gw milih sepeda sebagai alat transportasi. Catet lho “TRANSPORTASI” bukan “PAJANGAN”.

Yang pertama, gw mulai berpikir ternyata amat sangat banyak uang yang ortu gw keluarin setiap harinya cuman untuk memenuhi kebutuhan akan bensin ataupun solar yang mana keduanya itu merupakan bahan bakar bagi sebagian besar kendaraan yang ada di rumah gw.(Maksudnya mobil ama motor getoh). Bayangin aja, buat di dalem kota doang minimal dua puluh ribu rupiah terbakar menjadi asap knalpot untuk mobil tiap harinya. Dan sekitar lima ribu rupiah per harinya untuk motor. Yang berarti enam ratus ribu rupiah tiap bulan terbuang untuk mobil dan seratus lima puluh ribu rupiah untuk motor, yang berarti pula tujuh juta dua ratus ribu rupiah per tahun untuk mobil dan satu juta delapan ratus ribu rupiah untuk motor tiap tahunnya. Edaan berarti setaun gw ga naek mobil gw bisa beli komputer baru dengan spec yang bagus, kalo dua taun gw bisa beli laptop, kalo tiga taun, gw bisa jalan-jalan lagi ke Eropa. Gila ga tuh. Wekekeke. Itu baru dari satu mobil. Banyak kan keluarga-keluarga di negeri ini yang punya mobil lebih dari satu. Malah kadang-kadang jumlah mobil ama jumlah anggota keluarga banyakan jumlah mobilnya.heheheh.

Yang kedua, gw juga mulai berpikir untuk mengurangi polusi udara yang sehari2 kita hirup. Coba deh bayangin, kalo satu mobil aja diidupun 8 jam terus menerus, bakal kaya apa tuh asepnya. Sebagai contoh gampang nyalain aja mesin mobil kamu terus knalpotnya arahin ke rumah selama 8 jam. Kalo ngga kelenger hebat deh, bisa masuk guinness book of record. Nah bayangin kalo hal tadi dilakuin oleh seribu, seratus ribu, atau sejuta kendaraan bermotor setiap harinya. Apa ngga ancur tuh paru-paru kita-kita yang hidup di Negara tercinta ini?

Yang ketiga, aspek kesehatan. Gw sedang mengembangkan sebuah metode baru program olahraga. Yaitu Olahraga yang tidak terasa olahraga. Jadi, kalo kita ke gym ato ke tempat-tempat olahraga tertentu, biasanya sebulan dua bulan mulai timbul rasa jenuh ato males, ato kadang-kadang juga ga punya duit buat bayar iuran bulanan. Ini yang bikin pola olahraga kita jadi kacau beliau nih. Nah kalo punya sepeda, emang sih di awal kita harus investasi buat beli tuh sepeda, tapi kan kita ga harus bayaran per bulan. Terus, ada juga cara biar kita ngga bosen naek sepeda. Ngga kaya di tempat fitness atau olahraga yang lain yang pemandangannya itu-itu doang, dengan bersepeda kita bisa ngejelajahin tempat-tempat baru, jalan-jalan tikus yang baru, dan juga tempat-tempat nongkrong yang baru.

Ok, gw mau ngebahas sedikit tentang aspek kesehatan dari bersepeda. Secara kesehatan emang bidang gw gitu yah. Ada beberapa keuntungan bersepeda dibanding ama olahraga-olahraga yang lain diantaranya:

1. Bersepeda bisa dimasukkan ke dalam tiga kategori olahraga yaitu ringan sedang dan berat. Tergantung lintasannya. Kalo lintasannya datar dan gigi sepeda yang kita pakai gigi yang paling ringan, maka kita bisa mengkategorikan bersepeda model ini ke dalam kategori olahraga ringan. Kalo kita pake gigi berat pada lintasan datar, bisa kita kategorikan sebagai olahraga sedang, begitu juga kalo kita pakai gigi ringan pada lintasan menanjak bisa kita kategorikan sebagai olahraga sedang, dan kalau kita pakai gigi berat pada lintasan yang sangat menanjak, maka bisa kita kategorikan sepeda sebagai olahraga berat.

2. Kalo dibandingin sama renang, emang kalori yang dibuang dengan bersepeda ngga sebanyak kalori yang dibuang saat kita berenang. Namun berenang memerlukan ruang dan tempat yang khusus, trus jaman sekarang mana ada sih tempat pemandian yang gratis. Padahal olahraga itu kan harus dilakukan continue alias berkesinambungan. Terus juga, kalo kita udah ngebiasain make sepeda sebagai alat transportasi, maka mau ngga mau dong kita berangkat kuliah, maen, ngapel, dll, dsb, dkk, pake sepeda, jadi otomatis, mau ngga mau tiap hari kita bakal melakukan olahraga yang berkesinambungan alias continue, alias istiqomah, betuul?!

3. Kalau dibandingin sama lari, emang sih, lari ga butuh ruang dan tempat khusus kaya renang. Sama juga kaya sepeda, lari kan asal ada jalan depan rumah bisa kita lakuin. Tapi ternyata kalo kita liat dari aspek medis lari dan jalan itu kurang bagus untuk orang-orang dengan tubuh gemuk dan orang-orang dengan penyakit-penyakit yang menyerang persendian terutama sendi lutut (Articulatio genu). Kenapa? Soalnya berat badan kita pada saat berdiri, jalan, dan lari bertumpu pada kedua belah lutut kita. Dan pada orang2 dengan berat badan berlebih dan orang-orang yang memiliki penyakit yang menyerang persendian seperti reumatik, jalan dan lari bisa mengakibatkan kerusakan persendian daerah lutut, dan bisa menyebabkan luxatio ato sering kita sebut keseleo ato nyengsol. Sedangkan dengan bersepeda, tumpuan berat badan kita pindahin ke tulang duduk yang ada di bokong. Sehingga beban ke lutut jauh lebih ringan dibandingkan dengan kalo kita berdiri, jalan atau lari. Akibatnya yang terjadi justru kita melatih persendian yang ada di kaki supaya menjadi lebih lentur dan membuang kalori berlebih dengan cara yang aman.

Nah udah liat kan apa aja keuntungan dari bersepeda. Mungkin kita harus mulai ngejadiin bersepeda sebagai trend dan gaya hidup deh di lingkungan rumah kita, kalo bisa malah berlanjut ke lingkungan RT, RW, ajakin tuh tetangga tetangga kita. Kelurahan, Kecamatan, kota, malah kalo bisa Om Presiden ama Om Wapres juga kita ajak deh buat naek sepeda
(Eh beneran lho, kalo di Vietnam kata bokap gw mentri-mentri jg pada naek sepeda).

Oiya, Gw denger jg di beberapa kota besar kaya Jakarta udah mulai tuh eksmud dan ekswir (eksekutif muda dan eksekutif tuwir,heheheh) ngadain komunitas bike to work alias naek sepeda ke kantor. Dengan kata lain, sepeda udah mulai jadi gaya hidup juga nih di negara kita.Kalo gitu ayo adek2, kakak2 kita bikin bike to school atau bike to university. Ibu2 sekalian, ayo kita buat bike to pasar, atao bike to pengajian, atau bike to arisan. Buat teman2 juga ayo bikin bike to dugem kek atau bike to disco (Eh suer ni mah, anak2 gaul blanda ke tempat dugem atawa ke tempat disco pake sepeda juga loh, hasilnya mereka minum tapi tau bates, soalnya pulangnya harus naek sepeda, kalo mabok ntar ngejebrus duong masuk ke solokan). Buat kita-kita (termasuk gw) yang suka mendekatkan diri kepada ilahi rabbi bikin juga dong bike to masjid(hehehe sok alim kan gw, bodo ah emang soleh kok,hehehe) atau bike to Church, ato bike to Klenteng. Pokonya bike to everywhere lah. Sehat, murah, mudah, gaya (gaya lah secara kaya orang Belanda atawa Jerman getoh) Ya ngga! hehehe

NB: Ada sedikit tips buat kamu-kamu yang pengen beli sepeda: Cobalah cari sepeda yang sesuai ama kepribadian kamu,
contoh: kalo kamu manusia yang rada-rada pemalesan buat ngegoseh sepeda, beli deh sepeda tandem, jadi yang ngeboseh temen seper-tandem-an kamu aja.hehehehe. Ngga dink. Maksudnya carilah spesifikasi yang sesuai ama kamu,

kalo kamu nyari sepeda yang ringan buat diangkat-angkat ya beli lah sepeda dari bahan alumunium. Kalo kamu pikir bahwa ah ga penting tuh sepeda diangkat-angkat, yang penting kan enak dipakenya, ya berarti yang dari bahan besi juga ga masalah.

Kalo kamu pengen sepeda yang rem-nya muantep ya beli lah yang dengan rem cakram, tapi inget rem cakram itu maintenance-nya aga lebih mahal dibanding rem biasa. Kalo kanvas di cakramnya itu abis, kita butuh ngerogoh kocek 60 ribuan untuk ngeganti kanvasnya, sementara kalo rem biasa cukup dengan 10 ribu rupiah.

Kalo kamu pingin sepeda yang enak di pake di dalem kota aja deh, ga usah neko-neko harus jadi sepeda sport segala maka beli lah sepeda dengan jenis city bike yang mana persenelingnya cuma 3 gigi. Gigi satu buat nanjak, gigi dua jalanan datar biasa, gigi tiga buat ngebut. Jadi kamu ga usah pusing2 mikirin harus pake gigi berapa selama kamu jalan2 di dalem kota.

Kalo kamu senengnya ngebut, maka belilah sepeda balap, yang mana biasanya sepeda balap kecepatannya juga sampe 8 speed terus jari-jari rodanya juga 27 inchi (lebih lebar 1 inchi dari sepeda biasa) dan biasanya bannya lebih tipis daripada ban sepeda biasa.

Nah mungkin dengan uraian dan tips2 di atas bisa membuat kamu semakin semangat untuk bersepeda, dan suatu saat nanti kita bisa menjadi negara yang mampu menangani masalah transportasi dan meningkatkan kesehatan penduduknya dengan jalan bersepeda. Setujuuuuu?

6 Comments

Anonymous says:

Wah.. ternyata kamu sudah di negeri LONDO yah Dhik? Ngapain kamu disana bro? Ngamen? hihihii..

btw, skrinsut SEPEDA nyah mana? foto-foto nya kok gag ada sih di postingan inih?


pernah beli sepeda, doyan digoes sebulan pertama aja. setelahnya, bawaannya enek aja kalo liat sepeda itu... hueks


Ini tulisannya keren. Sy jd keidean, kamu nulis terus lagi deh beberapa yang kayak gini: Temanya kurang lebih "Gaya Hidup Sehat bagi Remaja". Kalo bisa ada pilihannya, mulai dari yang exclusive sampai murah meriah. Dari yang modern sampai yang traduional. Kmu kan anak kedokteran. Bacanya juga syik. Btw, pic2 barunya juga pajang atuh.

Anonymous says:

mas artikelnya bagus banget, saya masukkan dalam halaman web kami ya, bolehkan?

komunitas sego segawe Yogyakarta


Om, kak, ak masukin buat tugas ak yah ada tugas neh di sekolah, ak masih pelajar SMA, ok? boleh gk? tapi ak revisi dikit" yah kak?


Infonya bermanfaat, thanks udah share sob !!


bisnistiket.co.id

Copyright © 2009 lorddhikaketawa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.