trip to europe part 2

Hehehe, lanjutin lagi cerita gw selama di Eropa yah, Ok, kemaren kan gw dah cerita sampe naik kereta dari Brussel ke Paris. Nah ceritanya pada akhirnya tibalah kita berlima di Paris yang kata orang sih sehebat apa gitu yah. Kota mode dunia lah, ato kota seni lah. Tapi sodara2 ternyata Paris tidak sehebat yang kita dengar selama ini. Sampe Paris aku terbelalak keheranan. Menyusuri lorong2 gelap (Halah ini cerita apa sih ini). Ya pokonya sampe paris terkejutlah gw, keretanya penuh coret2an jalan2nya banyak sampah (Kirain Eropa bersih kaya apa gituh). cuma emang bagusnya di sana public transportation tepat waktu dan menjangkau setiap jengkal kota Paris.

Di Paris, kita berlima tidur di rumah yang berbeda. Teh Ranti, Teh Indi, dan Teh Meta nginep di rumah Tantenya seorang kakak kelas gw yang lain yang bernama Teh Anti, yang bakal aku perkenalkan sebentar lagi. Sementara itu gw dan Arga menginap di rumah salahseorang kenalan ortunya Arga yang bernama kang Bobby. Kita nginep di apartemen kita ada di daerah Coeur Beauvoir, sementara apartemen teteh2 kakak kelasku ada di La defense, yang berikutnya akan menjadi tempat pertemuan kita berlima kalau kita mau berangkat kemanapun. Oiya kita sampe ke Paris kalo ngga salah sore sekitar jam 3 an.

Nah setelah beristirahat sebentar dan makan minum serta beramah tamah sama Kang Bobby, kurang lebih jam 8-an gw ama arga di sms teh ranti untuk ketemuan di La defense di deket patung jempol. Akhirnya berangkatlah dua orang pria jantan kelahiran asli Indonesia menuju patung jempol dengan menggunakan kereta RER (kereta luar kotanya Paris) menuju ke La defense. Tapi tidak dinyana tidak diduga, di tengah perjalanan antara coeur beauvoir-La defense, Arga dengan semangat 45 mengatakan, “Ka, gw pengen boker nih”. “Waduh loe mah, lagi ditungguin juga, malah pengen boker.” Yaudah ntar sampe La defense kita cari toilet dulu lah.

Akhirnya setelah menempuh perjalanan singkat dari coeur beauvoir ke La defense, segera kita mencari toilet. Ternyata setelah ketemu si toilet dengan bangga memasang papan “Cette toilette est inaccesible” which means this toilette is unaccesible, atau pokonya tuh toilet lg kaga bisa dipake. Akhrinya berlarilah gw ama si Arga ke Mc donald untuk nanya ada toilet di mana lagi, terus sampe Mc Donald, gw langsung mempraktekan bahasa perancis yang gw latih selama dua tahun pas jaman SMP dulu, “Ecusez moi monsieu, ou est que la toilette qui accessible?” ato kalo di bahasa Inggris sih jadi “Excuse me sir, where is tho toilette that accesible?”. Terus dengan lantang si orang Mc Donald menjawab. Sorry we’re close. Yah gw jg tau kalo jam segitu toko2 dah mulai pada tutup. Yang gw cari kan wc bukan toko loe dogol. Ooo, merci. Gw bilang makasih.

Akhirnya keluar deh kita berdua dari area kereta bawah tanah ke atas bumi. Dengan sigap, Arga yang udah kebelet banget langsung lari ke sebuah hotel yang menjulang di ujung jalan dan masuk untuk nyari wc. Sementara gw menunggu di luar hotel sambil duduk2. Nah di deket gw ada dua pasang muda mudi yang lagi ngobrol seru sambil jalan bulak balik. Tiba2 gw dikejutkan oleh adegan yang berikutnya dari dua pasang muda mudi itu. Satu pasang di antara mereka tiba2 duduk di depan gw terus cipokan, terus cewenya ngegoler, terlentang, tiduran, sambil yang cowo nyiumin. Waduh, untung aja gw ga gampang mimisan kaya di komik2 jepang gitu. Walhasil dapet lagi deh tontonan gratis setelah tadi siang juga dapet tontonan di kereta.

Akhirnya setelah beberapa menit menunggu, keluarlah manusia bernama Arga dengan tampang puas dan lega. Kita akhirnya jalan ke patung jempol dan sempet foto2 di situ dan juga ketemu ama teteh2 dan berfoto2 di sekitar la defense. Dan ternyata tontonan gratis juga tidak lepas dari perjalanan sore itu di la defense. Oiya di la defense situ juga sebelum ketemu ama teteh2 tiba2 gw ama arga dihadang ama orang2 negro yang suka pada nongkrong di pinggir2 jalan Paris, terus gw dah ketakutan aja, taunya mereka minta rokok, terus dikasih deh ama Arga, eh terus dia nanya, do you smoke hashish. Oh no, not this time. Arga ngejawab. Kalo gw sih dah pengen cepet2 mabur aja dari situ. Takut.

Nah abis foto2 di la defense kita berlima singgah di rumah tantenya Teh Anti, salah satu kakak kelas gw yang lain dan di sana kita disuruh makan lagi, terus juga ceritanya malem itu kita pengen ke Eiffel, tapi ternyata Paris di musim panas itu masih terang benderang sampe jam 11 walhasil kalo kita ke eiffel jam 11 bisa2 kita ga bisa pulang. Soalnya kereta bawah tanah paris cuma ada sampe jam 12. Jadi hari pertama di Paris kita habiskan dengan berduduk2 di la defense menikmati dinginnya paris di waktu malam yang sanggup bikin gw menggemerutukkan gigi gw. Sekitar jam 11 atau jam 12 gitu gw ama Arga balik ke coeur Beauvoir untuk menikmati tidur yang nyenyak dengan mimpi2 indah di kota mode (katanya sih, abis sepanjang perjalanan gw, orang paris pake bajunya biasa2 aja tuh, malah cenderung caludih kalo kata orang sunda mah, ehhehe).

Keesokkan harinya, di sebuah hari yang terang benderang dan penuh dengan sukacita, gw dan Arga terbangun karena bunyi alarm dari Hp gw, namun dengan semangat membara pula gw matiin tuh alarm dan walhasil kita berdua pun tidur kembali dengan selamat sentausa adil dan makmur, membawa kita berdua ketelatan bangun. Walhasil pas teh Ranti nge-sms in kita buat ketemu di la defense kita kalang kabut tujuh turunan, mandi kilat, pake baju, langsung cabut dengan membawa sebilah roti di tangan. Hari itu, demi mengirit ongkos kereta yang teramat mahal di kota Paris, maka gw dan Arga pun bersepakat untuk berjalan kaki dari coeur beauvoir ke la defense, untunglahga seberapa jauh, cuma setengah jam doang kita udah nyampe di la defense.

Dari la defense kita naik metro (kereta bawah tanah) ke sacre coeur, yaitu salahsatu gereja yang bagus banget berwarna putih dengan ukiran2 yang sangat indah. Di situ teh Meta (kakak kelas gw) ikut dulu misa pagi. Abis itu kita jalan jalan di sekitar montmartre untuk belanja2 souvenir. Dan sesuai dengan permintaan ibu gua yang udah ngewanti2 untuk selalu membeli souvenir dari tiap kota yang gua singgahi berupa piring, gelas, dan sendok, maka berbelanjalah gw di montmartre.

Abis beres beli titipan si mamah, kita muter2 ngeliat tukang lukis pinggir jalan sepanjang jalanan di montmartre, pokonya jalanan itu bagus banget semacem pasar seni gitu deh. Masing2 pedagang unjuk gigi memperlihatkan kreatifitas masing2. Dari mulai ngelukis, sampe bikin siluet kita dari bahan karton. Dari Montmartre,

kita beranjak ke champ elysee. Di situ kita ngeliat Arc de triomphe dan foto2 bersama suporter perancis untuk piala dunia malem itu. Jadi persis malem ketiga kita di Paris, bertepatan dengan final world cup 2006.

Beres berfoto2 kita lanjut ke Musee de louvre. Di situ juga kita foto2 dulu dengan berlatar museum yang terkenal menyimpan lukisan Monalisa, juga kita foto2 dengan berlatar belakang piramid2 kaca yang ada di da vinci code. Wuih asyik banget. Dari louvre kita naik balabus(sejenis bus dalem kota yang cuman ada hari sabtu minggu), untuk menuju ke tempat makan di rue st martin (jalan st. Martin). Di situ kita makan makanan Yunani yang bertitel Gyros, bentuknya sih mirip kaya kebab gitu deh.

Beres makan dan berkenyang diri (walopun makanannya ga berasa, kayanya emang citarasa orang paris agak buruk yah, makanannya hambar2). Kita melanjutkan perjalanan ke sebuah tempat yang terkenal di paris sekali lagi TERKENAL sodara2 yaitu sebuah tempat bernama Notre Dame, itu loh, gereja yang ada di film hunchback of notre dame. Di situ kita sempet berfoto2 sebelum kemudian menuju champ elysee untuk mencari big screen karena kita pengen nonton final world cup bersama2. Namun malang sungguh, ternyata tidak ada big screen tuh di champ elysee, akhirnya ada issue2 yang mengatakan bahwa big screen adanya di tempat lain yang bernama hotel de ville. Maka dengan gagah berani beranjaklah kita dari champ elysee ke Hotel De Ville.

Malang tak dapat ditolak, untung tak dapt diraih. Ternyata di hotel de ville juga tuh big screen kaga digelar berhubung Paris belum gelap pada saat piala dunia, walhasil kita nonton di sebuah kafe yang penuh sesak dengan penonton yang meneriakkan allez les bleau berulang2. Sampe puyeng. Walhasil setelah menonton seluruh babak dengan susah payah karna terhalang oleh kepala2 manusia2 yang tiada beradab khas kota Paris, akhirnya Paris pun dirundung duka setelah TimNasnya dikalahkan melalui penalti oleh championne del mundi, italiano dolores (halah, ngarang).

Dengan kekalahan yang menyakitkan itu, maka kita sebagai makhluk2 lucu, kurcaci2 nonpribumi yang bertandang ke negeri asterix tersebut pun dengan tergesa2 meninggalkan tempat tersebut untuk mengejar metro, tapi apa yang terjadi, salahsatu temen kita kena petasan yang disundut ama supporter perancis yang kecewa, walhasil kita menunggu Paris untuk mereda sejenak baru kemudian kita melanjutkan perjalanan. Akhirnya kita pun pulang dengan hati berdebar2. Untung deh kita semua selamat, sehingga saudara2 masih bisa melihat diriku yang imut2 nan lucu ini. Malam itu pun ditutup dengan perasaan kecewa karena ga bisa ikut party di jalanan kota paris. Huaaa, padahal pengen dicium ama cewe paris. Ga dapeet dueeeeh.

Keesokkan harinya kami berlima (gw, Arga, Teh Ranti, Teh Indi, dan Teh Meta) melakukan perjalanan menuju menara eiffel. Kita naik metro sampe ke musee du l’hommes. Di situ kita foto2. Terus kita naek ke menara eiffel sampe ke setelah mengantri sekian lama untuk naik. Kecuali teh Meta yang cuman naik sampe level 1, kita berempat naik sampe level 2 menara eiffel. Setelah berfoto2 dan bersantai2 tiba2 terdengar sayup2 eh engga denk teriak2an teh Meta, Hei kalian. Apa yang terjadi sodara2 Ternyata teh Meta naik tangga dari level 1 menara eiffel ke level 2. Kita udah terbelalak2 aja ngeliatnya. Edan, juara tuh si teteh menaklukkan 26 belokkan tangga menara eiffel. Udah gitu setelah kita berlima beres foto2 bareng, teh meta pamit duluan karena beliau harus naik lift dari level 1 karena karcis beliau adalah karcis level1. Edan ga tuh. Jadi turun lah beliau melalui 26 kelokan tangga.

Beres naik tu menara eiffel, kita sempet nyasar dulu muter2 di bagian antah berantah kota Paris untuk mencari pemberhentian bus ataupun pemberhentian kereta. Yah lumayan lama tuh nyasar ada kali 2 jam nyah. Setelah menemukan bus segera kita menaikkinya dan menuju ke suatu tempat untuk berganti naik metro dan kemudian melanjutkan perjalanan untuk berbelanja parfum di suatu tempat bernama Benlux. Pas mau naik metro, ternyata suatu kejadian aneh terjadi, gw ama arga ga bisa melintasi pager metro(jadi pagernya itu ngebuka kalo kartu kita valid), entah mengapa padahal kartu kita valid untuk satu hari penuh. Namun setelah mencoba beberapa kali akhirnya kita bisa melewatinya.

Tapi ketiga teteh2 berjalan duluan ke tempat parfum. Gw dan Arga akhirnya naik kereta ke tempat parfum, namun apa yang terjadi ternyata kita nyasar. Eh tapi nyasar ternyata membawa berkah, kita bisa foto di pyramide inverse. Itu loh pyramide yang ada di da vinci code, yang kebalik itu. Akhirnya setelah bersusah payah kita pun berputar2 untung ada temen kita yang orang Indonesia, yang ngasih tau jalan ke tempat parfum dan kita pun akhrinya dapat membeli parfum dengan selamat dan sentausa.

Beres dari tempat Parfum kita ngeliat2 lagi beberapa toko untuk kemudian pulang ke rumah masing2 packing dan berangkat ke barcelona, Spanyol. Namun berhubung bapak Dhika adalah seorang bapak rumah tangga yang baik, beliau pun membereskan kamar tidur terlebih dahulu dengan seksaama, menyetrika baju dengan lemah lembut dan mandi dengan tenang sentausa, hal ini pun berakibat kepada kita hampir ketinggalan kereta yang menuju ke barcelona. Perjalanan menuju gare d’austerlitz, stasiun kereta untuk ke barcelona dipenuhi dengan lari2 membawa beban seberat 11, 5 kilo demi mengejar kereta ke Barcelona. Tepat setelah memasuki kereta ke barcelona, pintu kereta pun menutup dan kereta melaju dengan gagah menuju Spanyol.

Dan selama perjalanan menuju Spanyol kita ditemani oleh monyet2 Perancis (sebenernya mereka semacem pramukanya prancis gitu deh. Namun berhubung ga bisa diem, ribut setengah mati dan bikin orang ga bisa tidur maka dengan bahagia kita pun menyebut mereka sebagai monyet2.) Setelah kereta jalan kira2 2 jam atau bertepatan dengan pukul 11 waktu prancis, anak2 itu pun mulai tenang. Kita berharap bahwa mereka cape, tapi ternyata tidak saudara2, mereka dengan bangga memasang lagu dengan bahasa perancis yang enak didenger aja kaga. Walhasil perjalanan kita penuh penderitaan, walaupun ada sebuah kebahagaiaan. Memang tuhan maha adil saudara2 pukul 1 kira2 seorang anak yang diduga sebagai raja monyet, dengan tubuhnya yang besar setelah berhasil mengganggu dengan jalan bolak balik sepanjang gerbong (tauk deh sa’i kali tuh anak) semalaman, dengan bangganya tersandung koper dan terjatuh dan membuat gw dan teh ranti menyunggingkan senyuman kemenangan. Hauahahahahahah. Ok deh untuk di paris dan perjalanan menuju Barcelona segini dulu yah, ntar dilanjutin lagi ama perjalanan selama di Barcelona ama Madrid.

4 Comments

Ah, andaikan gw bisa ke eropa ngajak nyokap gw... betapa bahagianya gw Dhik... Tapi sayang.... duit blom ada, kesempatan juga blom kliatan, dan....nyokap gw udah gak ada... Hmmm, satu lagi deh cita-cita gw yang kandassss....

Anonymous says:

hay dhika... :)
tul, ternyata paris tuh ngga seindah yg dibayangkan... :)

kotor, lusuh... trus udah kayak KRL depok aja, metro juga rawan copet!
plus kagak ada yg bisa spik-spik-inglish ya dsana.... :)

kenapa gak coba mampir di daerah merah sekitar MoulinRouge ketika agak malam,.. kemungkinan dapat ciuman dari cewek peracis mugkin lebih besar,...huehehehe

Anonymous says:

setan alassss!!
Apa kabar loo?
Mana reportase dari Spanyol teh?
ngebaca curhatan lo membuat gw teringat akan nostagia...lagu kali..

Copyright © 2009 lorddhikaketawa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.