2

Nahan pipis



Oke, deh, ini bahasan pesenan dari mba Pritha. Nah kita bahas dulu, kenapa sih kalau kita mau ujian, atau kita dapet tekanan yang berat atau stress kok bawaannya pengen pipis.

Nah sebenernya mekanisme pengen pipis ini wajar banget, apalagi untuk cewe. Soalnya cewe rata2 punya diabetes incipidus. Apa sih diabetes incipidus? Ini bukan seperti penyakit gula. Tapi ini adalah keadaan di mana seseorang banyak mengeluarkan urine atau buang air kecil dikarenakan tubuhnya kekurangan satu hormon yang namanya hormon ADH (Anti Diuretik Hormon).

ADH ini bekerja sebagai hormon retensi urine, nah lho, apa tuh retensi.hehehe, retensi tuh artinya nahan air yang ada di ginjal supaya diserap lagi ama tubuh kita supaya tubuh kita tidak kekurangan cairan. Akibat air dari ginjal diserap lagi sama pembuluh darah, makanya kita ga jadi pipisnya. Nah, seringnya cewe kekurangan hormon ini. Makanya cewe walopun dalam keadaan normal lebih banyak yang beser daripada cowo.

Nah kalo dalam keadaan stress, ada mekanisme hormon juga yang berperan di sini. Yang pertama keluar adalah hormon adrenalin. Hormon ini ngebikin tekanan darah dan volume air dalam darah kita naik, sementara keringat yg kita keluarkan ga sebanyak kalo kita lg olahraga. Akibatnya kelebihan air tadi harus dikeluarkan melalui ginjal untuk mengembalika tekanan darah kita ke posisi normal. Itulah yang ngebikin kenapa kita jd pengen pipis kalo lg stress.

Cara nanggulanginnya, yaitu kalo emang kamu punya penyakit diabetes incipidus yang terlalu mengganggu, maka kamu harus mendapat terapi hormon. Tapi kalo engga sih, lebih baik kita antisipasi dengan cara lain. Bisa aja dengan cara makan yang asin-asin sebelum ujian, atau biasakan melakukan relaksasi pernapasan kalo kita nervous.

Cara latihan pernapasannya gampang, tinggal pejamkan mata, pikirin kamu lagi di tempat yang bikin kamu tenang, misalnya di kebun bunga atau di pantai. Terus tarik napas panjang, tahan tiga detik, keluarin. Ulangin terus dan perpanjang masa menahan napas jadi 5 detik, 7 detik, sampai kita bener-bener relaks. Ok, selamat mencoba mba pritha, yang kakanya Aldi, yang temen gw di SMA 3.heehheehhe

2 Comments

Anonymous says:

hayaaah, hormon, kagak ngartos, heuheuhe, biologi sayah mimpi buruk, hueheuheu, aduuh dikaw anak kedokteran siih, jadi nyambung ^__^

btw boleh juga tipsnya, hehehe, lumayan buat entar ujian :D


wahh.. walopun gak tralu ngerti, tapi makasih banget buat tipsnya! fa suka nervous sih.. hehe.. ^^"

Copyright © 2009 lorddhikaketawa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.