9

Ataxia

Hehehe udah lama nih gue ngga posting. dan kali ini gue pingin ngebahas tentang ataxia yang gue anggap cukup signifikan untuk gue angkat.

Gue sengaja masukkin topik ataxia di sini soalnya waktu itu kebeneran Yaya nanyain apa bener ataxia itu sebegitu bahayanya. Dan ini pasti adalah akibat dari film catatan harian Nayla yang sebenernya disadur dari film jepang berjudul One littre of tears.

apa sih ataxia itu:

Ataxia itu sebenarnya bukan sebuah penyakit atau diagnosis, melainkan hanya sebuah gejala. ataxia sendir berarti kehilangan keseimbangan atau koordinasi. ataksia dapat mempengaruhi jari dan tangan, tungkai kaki, tubuh, pembicaraan, dan juga pergerakan bola mata. Kehilangan keseimbangan ini sendiri merupakan akibat dari berbagai macam gangguan syaraf. Oleh karena itu maka perlu dicari penyebab dari ataxia itu sendiri agar pasien bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Pada intinya ataksia bukanlah suatu penyakit dan hanya merupakan gejala dari penyakit syaraf yang harus didiagnosa kembali dan dicari penanganannya yang paling tepat.

Pada film Catatan harian Nayla sendiri ataksia dijadikan sebagai diagnosa dan nama penyakit. Gue juga ngga ngerti, soalnya kalau di film aslinya One littre of tears, penyakitnya sendiri adalah spinocerebellar degeneration disorder yang mana penyakit ini adalah penyakit autoimun(dimana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian tubuh yang dianggap sebagai benda asing )yang menyerang spinal atau sumsum tulang belakang dan cerebellum atau otak kecil.

Dan akibat dari serangan penyakit ini terhadap otak kecil maka ataksia atau kehilangan keseimbangan tubuh menjadi salahsatu gejalanya.

Bukan mau sok tau atau sok paling bener, tapi kalau anggapan keliru mengenai ataksia akibat ditayangkannya film catatan harian nayla terus bergulir di masyarakat hal ini bisa berdampak buruk.

Dampaknya adalah ketika dokter mengemukakan bahwa pada pasien terdapat gejala ataksia maka pasien akan menjadi ketakutan akibat gambaran yang salah dari film catatan harian nayla itu. Dan semakin pasien ketakutan, maka akan semakin mempersulit pengobatan. Karena pengobatan hanya akan berhasil jika pasien juga dapt mengontrol emosinya terutama pada penyakit-penyakit syaraf yang notabene berhubungan dengan otak.

Gitu aja sih. gohohohoh.

9 Comments

Anonymous says:

nama pacarnya agak2 sama ke ataxia ya.
kenalin dunkkk..

Anonymous says:

heeeeeeeee tanksssssssss
sedikit lebih ngarti gituuuuuuu kl bisa lebih detail dunkkk.
gimana kl vertigo apa sama atau vertigo akhirnya akan lari kesitu juga. tanks be 4

Anonymous says:

Wah, aku baru tahu kalo ternyata ataxia nggak seberbahaya di film...

Berlebihan banget dong berarti tu film...

Thanks ya atas informasinya!

Emm... blognya mas bagus lho, terus ngisi aja mas! (maksa)


dhik, tulisan lo cool ^_^... parah loo... ke eropa ga bilang2x... kan bisa ketemuan... :( ... -ira wibisono-


Hei dhika, ataxia itu ada hubungannya ama 50 first date ya?

Anonymous says:

bo klo ke gramed, jgn lupa beli buku kita, entar kita tanda tangan! he..he..

Anonymous says:

hmm..
gtu ya,,
makasii ya kak jadi lbih ngerti lgy,,
oiia,,
bole nanya ga??
yg di ichi rittoru no namida itu kan spinocerebellar degeneration,,
itu sama ga sama spinocerebellar ataxia??
trus bedanya sama Friedreich's ataxia apa??
makasii..

Anonymous says:

maaf,mau benerin dikit bhwa nama penyakitnya bukan spinocerebellar degeneration disorder tapi spinocerebellar degeneration disease. dgn ataxia tu sama hanya nama kedokterannya berbeda. contoh lain flu babi di sebut swine influenza knp tidak "pig influenza"?

Anonymous says:

kalo menurut saya seh, ataxia disebabkan karena adanya kerusakan pada otak kecil (area keseimbangan dan koordinasi). ataxia ini merupakan salah satu bagian dari cerebral palsy .
kayanya seh emg gg bisa disembuhin .

Copyright © 2009 lorddhikaketawa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.