10

Makan fast food, ga masalah tuh, asal....

Hehehe, ini juga nyelang lagi cerita trip gw ke eropa part 2 yah biar ga bosen juga. Sebenernya apa yang pengen gw sorotin pada pertemuan kali ini adalah, tinjauan dan renungan yang mendalam dengan segala ketundukkan hati, mari kita membayangkan kembali, Siapa sih diantara kita yang kaga doyan makan makanan fast food? Hayoo ngaku! Pasti sering kan, secara gw juga sering getooh.

Siapa sih di antara kita yang ga pernah ngedatengin tempat2 yang menjual makanan dengan tema fast food, makanan siap saji, dll, dsb. Kenapa sih kita seneng makan fast food. Jawabannya karena kita nyari makanan yang cepet bisa dimakan, dengan tempat yang cukup “cozy” buat nyantai, buat ngobrol, plus buat ngeceng. Atau banyak juga di antara kita yang hidupnya selalu berburu dengan waktu alias sibuk selangit dan ga bisa nyempetin makan makanan rumah atau masak sendiri, walhasil ya dia beli makanan siap saji yang cepat dan mudah dimakannya. Atau juga bukan karna cozy, bukan karna keburu waktu, cuman emang bakatnya doyan aja makan fast food (gw ni mah, hehehe).


Banyak orang yang berpendapat bahwa makan fast food itu ga baek buat kesehatan. Bener ga sih dogma ini? Sebelum ngejawab pertanyaan ini mungkin kita harus nanya dulu nih, Sebenernya untuk apa sih kita makan? Coba adek yang di pojok sana?(apaan sih nih).

Ok, sebenernya kalo kita tinjau secara philosophis (haduh2, mulai berat neeh), makan itu kan memasukkan bahan2 yang diperlukan tubuh untuk menunjang pertumbuhan, dan menjaga agar tubuh dapat bekerja secara optimal, adil, dan sejahtera. Oleh karena itu yang harusnya kita masukkin jelas bukan bahan2 yang ga berguna buat tubuh kita kan? Yang pasti yang harus kita makan berarti makanan yang mengandung zat2 yang diperluin tubuh kan?


Nah sebenernya seberapa banyak makanan yang dibutuhin tiap2 orang emang beda2 ada sih cara ngitungnya, cuman agak ribet kalo harus ngitung dan ngira2 sendiri. Tapi untuk gampangnya aja deh yah, itungannya rata2 orang itu setiap kali makan butuh kurang lebih makanan dengan porsi kaya gini nih:

  1. 150-200 gram nasi atawa kentang atawa roti atawa makanan2 lain yang ngandung karbohidrat (pasti tau kan makanan yang ngandung karbohidrat, secara dari SD bu guru dah ngasih tau begetoh). Kalo diibaratin nasi, kira2 sebanyak 6 sampe 8 sendok makan “penuh binti mentung” nasi putih, atau kurang lebih dua centong porsi normal.


  1. 75-100 gram protein yang terbagi jadi protein hewani (daging2an) dan protein nabati (tahu, tempe,kedele).
    Kasarnya sepotong paha ayam, atau sepotong daging sebesar rendang, ditambah dengan sepotong tempe ataupun sepotong tahu.



  1. Semangkuk sayuran. Ya semangkuk sayuran. Emang sih kadang2 sayuran ini bikin kita enek, mual dll dsb dst, stmj.(halah). Cuman kalo kita kemas dengan baik, menarik (emang kado) maksudnya kalo kita akal2in kaya dibikin salad, ato dimasukkin ke roti, kayanya bisa jadi lebih enak tuh makan sayur.

  1. Buah2an segar, Sehari kurang lebih tiap orang butuh dua buah yang kaya akan air kaya misalnya jeruk, apel, atau kira2 semangkuk ukuran sedang buah2an potong kaya semangka, melon, atau nanas.


Nah kurang lebih sih gambarannya kaya di atas ituh. Jadi, kalau dibilang gimana dengan makanan siap saji, ya ga masalah, selama makanan siap saji yang disajiinnya bisa menuhin unsur2 gizi yang dibutuhin tubuh kita yang secara kasarnya sih kaya uraian di atas tadi.


Nah sekarang kalau unsur gizinya udah cukup, apa terus kita boleh hajar bleh? Ntar dulu coy, ada lagi neeh yang harus kita perhatiin dalam makanan yang mau kita beli terus kita makan, yaitu zat2 tambahan yang dipake waktu kita memproses makanan itu. Apa yang dimasak itu mengandung banyak lemak, kandungan kimia berupa hormon2 dan obat2 an yang bisa berbahaya pada manusia, dan juga kita harus liat kebersihan makanan itu sendiri, supaya terhindar dari bakteri, virus dan kuman2 lainnya(halah serasa iklan gw).


Hah, segitu banyaknya yang harus diliat? kagak salah tuh. Sebenernya gampang2 susah sih emang milih makanan yang sehat 100 persen. Sebagai contoh, biasanya makanan yang mengandung banyak lemak tuh udah jelas lah, lemak kan bisa kita liat, itu lho gajih yang suka ada di sirloin, nah itu lemak tuh, tapi kalo sekali2 sih bodo amat lah, makan ajah, tubuh juga butuh lemak betuul? Atau kalo ngga lemak juga bisa kita deteksi lewat kertas, contohnya kaya gorengan tuh, biasanya di kertasnya ada kan bekas minyak2 an, nah itu juga lemak, cuman kalo sekali2 sih masih tetep hajar aja lah. (hehehe, ngajar nakal nih gw). Kenapa sih kita harus ngebatasin makanan yang ngandung lemak, soalnya, ternyata angka kematian tertinggi di Indonesia ini dateng dari penyakit jantung. Dan penyebab sakit jantung itu biasanya dari terlalu banyaknya lemak yang masuk ke tubuh kita.


Selanjutnya bahan2 kimia berbahaya. Nah kita harus agak selektif nih kalo yang ini, masalahnya agak susah ngedeteksinya soalnya cuman bisa dideteksi lewat uji kimia, cuman yang udah pasti2 aja sih, kaya misalnya boraks yang suka ada di baso2, nah cara ngebedain baso atau makanan lain ngandung boraks atau ngga cukup gampang kok, biasanya boraks ini dicampur ama makanan2 sebagai pengenyal atau pengeras ciri2 makanan yang ngandung boraks sebagai contoh baso, biasanya Lebih kenyal dibanding bakso tanpa boraks, kalau basonya digigit bakal balik ke bentuk asalnya, tahan lama atau awet beberapa hari, warnanya biasanya lebih putih. Selain itu ada lagi formalin, bahan2 pewarna makanan, hormon2 yang biasanya disuntikkin ke binatang biar tumbuh cepet gede, dan yang terakhir tapi sering kita lupain bernama MSG alias vetsin alias mecin. begetooh.


Terus masalah bakteri dan kuman2 lainnya. Wah sebenernya ini sih ga terlalu susah. Biasanya bakteri yang sering nular lewat makanan kan kalo ngga bakteri yang nyebabin typhus, kalo ngga yang nyebabin mencret. Yah paling bawa aja piring ama sendok punya kita sendiri, trus pake deh. Minimal ngurangin kemungkinan kita kena dua penyakit itu. Atau cari makanan2 yang ngga kontak ama sisa makanan atau alat makan orang lain, kayanya kalo restoran2 ato tempat makan jaman sekarang sih udah bersih lah atau biasanya kan pake piring kertas atau plastik.

Jadi ga masalah kalo kita doyan hamburger atau hotdog, atau baso,atau makanan fast food lainnya yang penting adalah nilai gizinya mencukupi buat tubuh kita dan juga ga ngandung bahan2 berbahaya yang bisa ngebahayain tubuh.

Ok sekarang jadi gimana dong kita harus milih makanan fast food yang sehat sekaligus gaya atau makanan sehat yang bisa cepat disajikan untuk mengikuti irama kehidupan yang bergerak demikian cepat. Ada sedikit tips2 dari gw:


Kalau emang mau ngajak makan temen2 pas loe ulang taun ke tempat makan yang nyajiin makanan siap saji, atau pas loe kebeneran pengen ngumpul2 ama temen2 loe, atau apa pun lah yang membuat loe pengen makan makanan fast food getooh, coba deh cari tempat makan yang menyediakan makanan segar (bukan makanan mentah juga sih). Maksud gw makanan yang tidak diawetkan dan tempatnya cozy dan asyik. Kayanya banyak tuh tempat2 kaya gitu sekarang ini.


Kalau kamu emang orang yang sibuk dan selalu susah ngeluangin waktu buat makan, kamu juga bisa pilih makanan2 siap saji yang bisa mencukupi kebutuhan energi kamu, soalnya biasanya kan yang sibuk2 model gini suka lupa makan nih. Sebagai contoh makanan siap saji yang ada di sekitar kita aja deh kaya nasi timbel komplit. Atau kalo ngga mungkin bisa juga tuh nyoba bikin bekel yang bisa diangetin secara cepet dalem microwave doang kaya misalnya bistik sapi dan kentang goreng. Atau kalau ngga mungkin kamu bisa pilih makanan2 yang bisa dikeringin dan tahan lama, kaya kentang yang di oven atau roti, ditambah smoked beef, atau ayam yang diasep, atau kalkun asap. Terus untuk sayurannya bisa sayuran2 rebus yang ga gampang rusak, kaya wortel rebus dan buncis rebus. Atau kalu kamu doyan makan sayuran mentah bisa tuh selada bokor, atau seledri, dan buat sedikit nambah rasa, boleh deh kasih sedikit mayonaise, atau garem. Terus juga bawa buah2an yang gampang dibawa kaya apel atau jeruk, atau pir.


Kalau kamu orang yang segala macam makanan dihablem( kaya gw geneh), kita mungkin kudu pinter2 ngakalin. Misalnya pas mesen baso, kita liat dulu tuh tekstur basonya, udah gitu kalo udah yakin aman, minta ke si mang baso buat ngebanyakin sayurannya, trus kalo bokap gw sih biasanya ga pake vetsin alias MSG (kalo gw mah masih doyan sih, hehehe), terus kalo saosnya aga2 kurang meyakinkan apa dia pake pengawet plus pewarna ato ngga kalo gw sih biasanya ga pake tuh saosnya, abis takut sih.

Nah jadi sekarang bener kan, makanan fast food sebenernya bukan masalah asal gizinya mencukupi dan ga ngandung bahan2 yang berbahaya. betuul!hehehehe



10 Comments

Anonymous says:

GE juga suka mkn junk food.. lalu merasa berdosa.. hai dhika. nice to meet u. =)

Anonymous says:

coba deh cari tempat makan yang menyediakan makanan segar (bukan makanan mentah juga sih). Maksud gw makanan yang tidak diawetkan dan tempatnya cozy dan asyik. Kayanya banyak tuh tempat2 kaya gitu sekarang ini.

---

Iyah ngerti!
Pertanyanya satu aja Dik, dimana tempatnyah? Secara negara kita indonesia tercinta ini bertubi-tubi diserbu franchise JUNK FOOD itu, apa bisa ngelak? hayoohh..

Anonymous says:

Gue juga suka banget fast food. Biarin aja lah dampak2 buruknya mah, yang penting gak bikin gue gendut.


waduh bahasannya berat.. gue kalo soal itung2an kalori mah bolot banget.. makanya gak heran gue tambun begini *ngakak berat*

Anonymous says:

Ga begitusuka fast food tuh. tapiinfonya bagus banget dhika :)

Anonymous says:

asal GRATIS...
makan nasi hainam lagi yuk??


jadi kapan nih mo traktir linda?


Wah, artikelnya oke punya nih! Gw sendiri dulu penggemar junk food tp kebetulan aja lama2 bosen :p anyway met kenal yax dhika!

Anonymous says:

:), met kenal dhika! fast food itu enak... blrrps...... slurp, ah! asalkan..
gratis! ditraktir! dikasih!
dan saudara2nya. :P


nice post.. kbtulan gw ga gtu suka junk food hehe.. cm sesekali aja makan klo lg pengen makanan yg cpt..
btw, salam kenal ya :)

Copyright © 2009 lorddhikaketawa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.