11

Cinta oh cinta.


Hehehe, sudah berapa hari rupanya saya tidak memposting yah, weleh2.
Sabtu kemaren, ga tau ada angin apa, tiba2 gw pengen banget makan yang namanya Ayam Kentucky. Walhasil gw ngajakin Lad Mon ama si Yola buat makan brg nemenin gw. Sebelumnya gw nemenin dulu temen gw si Lad Mon ini buat nyari buku sang Alkemis di Palasari. Beres makan, kita ketemu ama temen gw yg kuliah di Studi Pembangunan UI yang dah lama ga ketemu. Cerita punya cerita dia mau berangkat ke Jepang buat pertukaran kebudayaan bulan depan. Abis itu kita keliling2 ampe mabok di BIP. Beres dari situ gw ngeliat2 kucing yg dijual di depan BIP, melihat seekor kitten (anak kucing yg lucu bgt) gw pun membelinya tanpa rencana terlebih dahulu. Ternyata eh ternyata, tuh kucing masih bayi bgt. Minum susu sendiri aja ga bisa, akhirnya dengan penuh kasih sayang seorang bunda, gw menyusui tuh kucing pake alat suntik (spuit) yg gw cabut jarumnya. Dan karena yg bisa nyusuin itu kucing cuman gw, maka gw pun ga bisa kemana2 malem minggu, padahal ditelpon Kang Ikez buat kumpul BBV di Ohlala kafe. Aduuh, kucingku, oh kucingku cepet gede yah nak (loh!)

Nah, sebagaimana judul di atas, sebenernya bahasan ini yg minta adalah Mba Pritha yg punya blog di sebelah. Tuuh di link aku tuuh(hihihi). Nah, dia nanyanya sih cinta beserta hormon2nya. Tapi sebenernya, dalam bidang kedokteran sendiri, setau gua (yang masih bodoh dan suci ini(hoeek)) yang lebih dominan dalam fungsi hormonnya itu sendiri bukan secara langsung bikin rasa cinta, tapi mekanisme2 lain yang membentuk bentuk jadi dari ciri2 cinta itu sendiri. Sebagai contah, kalo kita ketemu org yg kita cintai, jantung kita deg-degan, akibat pengaruh perangsangan syaraf simpatis dan akibat keluarnya hormon adrenalin dari cortex adrenal kita.

Sebenernya, kalo diliat dari fungsi hormon sendiri, bukan cinta yg lebih diatur oleh sistem itu, tapi jutru fungsi2 seksual kita. Sebagai contoh, yg dibilang hormon cinta (pheromone) bukan berarti karena hormon itu keluar, kita jadi cinta ama seseorang. Tapi lebih ke ketika hormon itu keluar, kita akan memiliki hasrat atau fungsi seksual kita bekerja. Sebagai contoh, sebuah penelitian menyatakan bahwa kebanyakan perempuan akan mengeluarkan pheromone ketika mencium keringat laki2(tp bukan keringet bau teu pararuguh). Nah, setau saya sih begitu mba Pritha.

Lalu selebihnya, cinta itu sendiri diserahkan kepada mekanisme otak kita dalam mengatur emosi dan pikiran. Dan memang yg paling berperan adalah mekanisme emosi melalui suatu organ di otak kita yang namanya nukleus amigdaloid. Nukleus amigdaloid ini yg ngatur emosi kita. Dan mekanismenya jg diatur melalui hubungan dengan otak kita yg memproses logika dan input2 dari sistem indera kita. Memang rumit yah, untuk menjelaskan sebuah mekanisme cinta. (Emang, rumit bgt, gw aja mempelajari sistem emosi ini 3 semester)

Nah, jd kalo diliat secara meknisme, emang yang lebih berperan adalah otak kita sendiri. Which means yg berperan di situ, emang logika ama emosi kita. Sekarang, tinggal pinter2nya kita untuk ngatur logika dan emosi kita. Ketika yang lebih berperan adalah emosi, maka cinta kita bisa disebut sebagi cinta yang emosional. Kalo yang lebih berperan logika kita maka yg terjadi adalah cinta yang logis. Tp kalo aku lebih prefer bahwa manusia harus bisa seimbang antara logika dan emosinya. Maka kita bakal dapetin cinta seutuhnya.

Kenapa harus seimbang. Yah, ini sih pengalaman di lapangan, kalo cinta kita adalah cinta emosional, hasil akhirnya biasanya gampang ditebak, yah, kalo engga putus gara2 marahan aja, yah kalo engga hamil di luar nikah. Tapi kalo cinta kita terlalu logis, hasil akhirnya jg biasanya bisa ditebak, biasanya sih putus gara-gara kurang romantis atau perbedaan sudut pandang. Yah, kalo gw sih lebih memilih untuk pilihan yang terakhir walaupun memang tidak menutup kemungkinan pilihan itu jg bakal menjamin kelanggengan hubungan kita, namun sedikit mungkin akan membuat kita mengoptimalisasikan emosi dan logika kita. Jadi, kita cinta ke seseorang secara logis tapi jg tetep sensitif dan penuh perasaan.

Satu point lg yang bisa diambil dari uraian ini adalah bahwa kita bisa mengatur perasaan cinta kita, karena cinta adalah juga merupakan produk hasil pemikiran/ otak kita. Jadi sebenernya kita bisa ngatur mau mencintai siapa dan dengan kriteria seperti apa. Cuman emang biasanya kita ga sadar bahwa kita punya kemampuan seperti itu. Selain itu, emang yg lebih sering kita pake dalam mendefinisikan cinta itu lebih bersifat emosional. Makanya yang sering terjadi adalah hawa nafsu kita menutupi makna cinta yang sesungguhnya.

NB: hehehe seperti biasa gw mau bikin kata2 mutiara ah:
Cinta itu ibarat pedang bermata dua, ketika kita salah mengayunkan pedang itu, maka yang terjadi adalah akan ada yang terluka entah kita atau orang yang kita cintai.

11 Comments

Anonymous says:

yah ngomongin cinta lagi......jomblo nih......emang cinta bisa diukur dari hormonnya?


Ha..ha... my lord, kayaknya kamu kebanyakan baca blog-nya emak-emak, bikin kamu kepengen punya anak of your own ya... tapi gw yakin tuh kitten happy banget bisa dapetin cinta loe :-)
Btw, baca lagi dong email dari gw... masih mau nanya lagi mengenai posting photo... :D


loh kok bisa sama ya Dhik, minggu kemaren juga lagi pengen banget makan ayam kentucky. jum'at kesampean makan ayam tapi MC D.

ngomong² soal A2C, bukunya bener² bagus euy. gak nyesel deh baca. temen kamu itu cowok ya? minder sama Fahri? udah pasti lagi. Fahri itu orangnya pinter, romantis, memegang teguh prinsip, lembut hatinya, pokoknya top banget deh. sampe² direbutin 4 cewek. wow... ayo baca daripada penasaran :)


ternyata rasa cinta itu timbul dari hormon yang dihasilkan tubuh kita yagh .., baru tau gw [bodohnya aku ..]
dhika .., lam kenal yagh ..

Anonymous says:

hmmm mekanisme cinta, justru jadi makin pusing nih hehehehe

Anonymous says:

My Goodness, love can be so complicated!

Why not, love is from the heart. Period.

=) Salam buat Dhika... permisi mampir.

-Ana

Anonymous says:

duh, jd pengen punya kucing lg niy...
tentang love:
~sesuatu yg bisa mmbuat mu gila!!
~bikin km takut kehilangan seseorang
~jawaban permasalahannya susah dicari oleh studi ilmu manapun
weks,...so tau banget gw
mungkin gara2 itu sampe skrng jomlo trus
wakakakakka

Anonymous says:

eh, masih ada yah yg jualan pet di selasar BIP? Percuma dong dipagarin kalaw gitu...

Gue udah lbh dari 6 bulan ninggalin Jatinangor.. Sekarang living in Jakarta .. still a bum :D

Anonymous says:

bro dhikaaa..heuheu tengkyu bgt yaaaks doanya...
^__^

klo menurut gw yg namanya cinta=misteri, gak bisa dijelasin sama akal sehat atopun yg namanya ilmu kedokteran, kekekeke
cinta itu menurut gw tercipta dari kerjasama otak, hormon, naluri, indra2, emosi dan sesuatu yg masih menjadi misteri, hueheuhe, semuanya ini menghasilkan yg namanya cinta. Salah satu gak ikut kerja, ya berkurang lah pengaruh cinta ini.
misal otaknya gak mau kerjasama, otaknya ngebayangin cewe laen, trus mulai deh yg namanya selingkuh.
*hahha, udah ah sotoy bgt deh gw*
ntar malah tambah ngawur lagi

weks,..kucing ? mau doong ^__^
gw juga mau nyari kucing ah disini
heuheuheue

Anonymous says:

Kalau mau makan KFC ke tempat gue ajaaa.... asli loh, tempatnya Kolonel Sanders... hahahaha.
Cinta ya ? hehe, pernah tuh posting puisi Cinta di blog gw, intip aja.

Anonymous says:

Ini entri yang menarik. Terima kasih sudah berbagi cerita. Kalau mau referensi lain tentang hal yang terhubung, baca artikel Mengapa Sulit Jatuh Cinta di blog saya. Salam kenal, sobat.

Lex dePraxis
Romantic Renaissance

Copyright © 2009 lorddhikaketawa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.